0

Patung GWK dari bali termasuk seni rupa murni…..

Share

Patung GWK dari bali termasuk seni rupa murni…..

a.1 dimensi
b.2 dimensi
c.3 dimensi
d.4 dimensi‚Äč

Jawaban: C. 3 dimensi

Alasan : Karena bisa dilihat dari segala arah dan mempunyai unsur ruang

Penjelasan :

Di tanggal 4 Agustus 2018 pembikinan patung Garuda Wisnu Kencana udah usai dibangun. Pembikinan patung yang di proyeksikan jadi lambang pariwisata Bali ini butuh waktu yang lama, lebih kurang 28 tahun.

Pastinya ada argumen yang bikin patung Garuda Wisnu Kencana jadi icon pariwisata Bali. Karena patung GWK punya tinggi 121 mtr., dengan lebar patung 64 mtr.. Apabila dibandingkan dengan tinggi patung Liberty di Amerika, yang cuma 93 mtr., jadi patung GWK Bali makin tinggi 28 mtr..

Kreasi dari patung GWK, pada awal rencana didesain punyai tinggi 150 mtr., dengan lebar 64 mtr.. Saya kurang tahu nyata mengapa tidak jadi dibangun dengan tinggi 150 mtr.. Peluang ada hambatan di cost.

Posisi Patung Garuda Wisnu Kencana Bali

Patung Garuda Wisnu Kencana posisinya dalam tempat taman budaya di lokasi tempat liburan Ungasan Bali. Nama tempatnya Taman Budaya GWK Bali. Alamat taman budaya Garuda Wisnu Kencana ada pada Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Kalau anda pergi dari lapangan terbang Ngurah Rai tuju area tempat rekreasi Garuda Wisnu Kencana, akan meniti jarak 12 km. Buat membuat lebih mudah anda mendapatkan posisi Garuda Wisnu Kencana Culture Park

Ruang GWK cultural park ada pada ketinggian 263 mtr. dari permukaan laut dengan luas tanah 67 hektar. Sebab tempat tanah ada pada ketinggian, karena itu dari area obyek wisata GWK Bali, pengunjung bisa memandang panorama cantik Bali selatan.

Tiap hari area tamasya Garuda Wisnu Kencana, selalu ramai dengan perjalanan pelancong. Baik turis lokal atau turis asing. Perihal khusus yang membuat sejumlah turis tertarik liburan ke taman budaya GWK Bali, untuk lihat patung Garuda Wisnu Kencana (Patung Dewa Wisnu ukuran raksasa, yang tunggangi burung Garuda).

Kreasi Patung Garuda Wisnu Kencana

Design dari patung Garuda Wisnu Kencana, memvisualisasikan dewa Wisnu memakai kendaraan yang berbentuk burung Garuda. Lantas mengapa ada kata Kencana di nama patung GWK?

Yang pasti, dengan bahasa Bali atau jawa, Kencana bermakna emas. Peluang lantaran mahkota yang difungsikan di patung Dewa Wisnu memiliki warna mirip emas, karenanya monumen ini di namakan Garuda Wisnu Kencana.

Patung Garuda Wisnu Kencana di jadikan oleh I Nyoman Nuarta. Beliau salah satunya pematung terunggul yang bangsa Indonesia punya. I Nyoman Nuarta mulai termasyhur di tahun 1979, saat beliau memenangi perlombaan bikin patung Proklamator Republik Indonesia.

I Nyoman Nuarta bikin patung, sisi untuk sisi pada tempat kerja beliau yang ada di dalam Bandung. Bentuk patung GWK terbagi dalam 25 bagian baja serta dibikin dalam modul yang sejumlah 754.

Bahan dari patung, dibuat berbahan logam tembaga, baja dan logam kuningan. Untuk selesaikan patung pokok, di perlu 3.000 ton tembaga dan baja seberat 1300 ton. Buat alas berdirinya patung, di bagun suatu bangunan serta dalam bangunan di tujukan untuk Ballroom.

Tempat Liburan Di Bali Bersisihan Dengan Patung Garuda Wisnu Kencana

Obyek wisata Garuda Wisnu Kencana lokasinya begitu taktis. Disamping posisinya bersisihan dengan Lapangan terbang Ngurah Rai, posisi taman budaya Garuda Wisnu Kencana pun bersisihan dengan obyek wisata terkenal yang berada pada Bali selatan.

Pada seluruh wilayah pariwisata yang berada pada pulau Bali, area Bali selatan yang sangat banyak punyai obyek wisata populer. Seperti, pantai Dreamland, Pura Baik Uluwatu, pantai Jimbaran, tempat wisata Tanjung Benoa, serta pantai yang sekarang ini tengah tersohor, pantai Pandawa.