Terlampau Mahal Harga Rumah, Warga di AS Lebih Memilih Sewa Ranjang Susun

Usaha Dagang, Keuangan – Semakin mahalnya harga rumah membuat setiap warga di California, Amerika Serikat (AS) tidak bisa memiliki tempat tinggal. Bahkan terdapat sekelompok warga hanya bisa menyewa ranjang susun di rumah bersama dengan harga US$ 1.200 atau setara dengan Rp 16,9 juta (kurs Rp 14.100) per bulan.

Dengan cara seperti ini, mereka hanya dapat menyewa tempat tidurnya saja. Sedangkan, untuk kamarnya harus dibarengi dengan orang lain.

PodShare menangkap peluang ini untuk membantu setiap masyarakat yang belum dapat memiliki rumah di kota besar seperti San Francisco dan Los Angeles. PodShare membuka layanan keanggotaan yang memungkinkan setiap member dapat menggunakan salah satu dari 220 tempat tidur pada enam lokasi.

Diambil dari CNN Business tidak ada iuran pokok dan perjanjian untuk bisa tinggal di tempat ini. Fasilitas yang didapatkan yaitu tempat tidur, loker, akses WiFi dan peluang untuk bertemu dengan sesama penyewa ranjang susun. pada setiap pod akan dilengkapi dengan rak dan televisi pribadi,. Tersedia juga makanan seperti sereal dan ramen, hingga perlengkapan madni seperti pasta gigi dan kertas toilet juga ada disediakan.

Memang tidak ada kerahasiaan yang diperoleh dari penyewaan ini. Tapi hal ini justru lebih mudah buat anak muda. Founder FlipMass Stephen T. Johnson mengungkapkan ia bisa membeli tempat tinggal sendiri di San Francisco tapi ia tidak ingin terikat di apartemen yang sangat mahal. Dia mengatakan kini memiliki studio kecil yang disewa seharga US$ 1.750 pada setiap bulannya.

“Ukuran yang saya sewa kurang dari 200 kaki persegi, ini lebih mudah dan murah sekali daripada tempat tinggal sendiri,” ucapnya.

Johnson mengatakan, ini merupakan konsep tempat tinggal baru yang akan menjadi pilihan buat semua orang di masa depan.

Meski memiliki kehidupan di PodShare sama dengan hostel bunked, tapi perusahaan lebih suka menyebutnya sebagai menjalani hidup besama. PodShare mungkin tidak mempunyai privasi seperti apartemen namun bisa lebih efisien jika dibandingkan tempat tinggal lainnya.

Karena dengan tinggal di PodShare bisa lebih dekat lagi dengan tempat kerja yaitu memotong waktu diperjalanan dari tempat tinggal di pinggiran kota.

Software Engineering Rayyan Zahid mengatakan dirinya begitu ingin memiliki rumah sendiri melalui skeman kredit, tapi sekarang ini ia belum bisa memiliki skor kredit yang sangat baik, catatan pajak dan ia belum mempunyai agunan apapun.

Pendiri PodShare Elvina Beck mengatakan ia membuat ruang ini agar bertemu orang baru, pergi ke tempat baru dan memberikan solusi yang aman untuk menetukan beberapa pilihan. Pendapat dia untuk anak muda yang baru pindah ke kota baru mungkin belum mempunyai uang yang cukup untuk menyewa tempat tinggal atau membeli rumah baru.