Nilai Bitcoin Naik Sebanyak 9% Menjadi Rp 179,6 Juta per Keping

Usaha Dagang, Keuangan – Harga mata uang kripto, Bitcoin tercatat mengalami kenaikan dan mendekati level tertingi hanya dalam waktu dua minggu saja.

Diambil dari Reuters, harga bitcoin naik sebanyak 9% dalam satu malam. Analis pasar di OANDA, Craig Erlam menyampaikan kenaikan harga tersebut didorongo leh harapan akan lahirnya mata uang kripton buatan Facebook, yaitu Libra.

Memang, tanggapan warganet begitu positif dengan rencana Facebook yang akan meluncurkan koin digital bernama Libra.

Harga Bitcoin dicatatkan telah menyentuh US$ 12.833 per keping atau setara dengan Rp 179,6 juta (kurs Rp 14.000) berdasarkan data Bitstamp. Harga ini tertinggi sejak tanggal 27 Juni lalu, padahal waktu itu harganya hanya mencapai US$ 12.560 per keping atau naik sebesar 2,2%.

Rencana kehadiran Libra, justru membuat sentimen positif bagi cryptocurrency karena ada harapan untuk diterima dan digunakan oleh perusahaan hingga individu.

“Bisa dilihat pada beberapa minggu terakhir, pergerakan harga Bitcoin masih terhubung dengan Libra,” ucap Erlam, Selasa (09/07).

Dia mengatakan, dalam dunia cryptocurrency Bitcoin merupakan yang paling matang dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya.

Tapi memang Bitcoin tetap menjadi mata uang digital yang fluktuatif. “Harga Bitcoin sempat naik sebanyak 240% dan akhirnya mengalami kejatuhan lagi,” pungkas dia.