Melemahnya Rupiah Berada di Posisi Rp 14.124 per Dolar AS

Usaha Dagang, Keuangan – Nilai tukar rupiah terhadap dolar berada di posisi Rp 14.124 per dolar AS pada perdagangan pasar spot, Selasa (02/07) pagi. Dengan demikian, maka rupiah melemah 0,08% dibandingkan dengan penutupan Senin (01/07) yaitu sekitar Rp 14.112 per dolar AS.

Di pagi hari, sebagian besar mata uang utama Asia melemah terhadap dolar AS. Dolar Singapura melemah 0,02%, ringgit Malaysia melemah 0,19%, Baht Thailand serta perso Filip[ina bersamaan melemah 0,25% dan Won Korea Selatan melemah 0,32%.

Selanjutnya, ada pula mata uang menguat terhadap dolar AS, yaitu dolar Hong Kong sebesar 0,01% dan yen Jepang 0,03%. Sementara untuk mata uang negara maju cenderung menguat terhadap dolar AS, dimana euro, dolar Australia, poundsterling Inggris masing-masing menguat 0,01% 0,05% serta 0,04%.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim menyampaikan rupiah terkena imbas atas pelemahan indeks manufaktur China yang dirilis Caixin pada awal pekan ini dari sebelumnya 50,2% di bulan Mei menjadi 49,4 pada Juni. Ini merupakan hasil indeks manufaktur China terlemah dalam lima bulan terakhir.

“Ini disebabkan karena permintaan domestik dan ekspor goyah, menunjuk ketegangan lebih lanjut di sektor manufakturnya yang lebih besar ketika perang perdagangan berlarut-larut,” ucap dia, Selasa (02/07).

Kemudian, sinyal damai perang dagang pada sela-sela KTT G20 sejatinya menjadi angin segar buat rupiah. Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping telah menyepakati untuk kembali berunding mengenai kelanjutan perang dagang tidak akan kembali menyentuk bea masuk.

Tapi, seiring dengan perang dagang meredah, Reuters melaporkan bahwa investor ini mulai kembali mengalihkan asetnya ke dolar AS dari franc Swiss dan yen Jepang yang disebutkan sebagai safe haven kala tensi perang dagang kian semakin panas.

Meski memang, sebagian investor juga ada yang mempercayai bahwa drama perang dagang antara AS dan China tidak akan menemui kesepakatan secepat mungkin.

“Sehingga dalam melakukan transaksi hari ini rupiah akan diperdagangkan menguat pada level Rp 14.070 hingga 14.170 per dolar AS,” ucapnya.