Harus Sabar, Pajak Perusahaan Tidak Bisa Turun di Tahun Ini

Usaha Dagang, Dunia – Perencanaan pemerintah untuk menurunkan tarif pajak penghasilan (PPh) badan terlihatnya tidak akan terealiasasi tahun ini. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Dirjen Pajak Robert Pakpahan ketika ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (03/07).

Pendapat Robert, sisa waktu hingga pada akhir tahun tidak cukup untuk merampungkan aturan penurunan PPh Badan. Pemerintah serta DPR juga harus melakukan revisi Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata cara Perpajakan (KUP) untuk memuluskan rencana tersebut.

“Itu membutuhkan UU (KUP) tahun ini kan tinggal beberapa bulan lagi. Kan aku juga rapat di kabinet jadi aku mengetahui permintaannya,” ucapnya.

Penurunan PPh Badan sendiri diproyeksi sebesar 5% dari 25% ke 20%. Turunannya PPh Badan membuat jumlah penerimaan diproyeksi turun menjadi Rp 87 triliun.

Tapi Robert belum dapat memastikan berapa jumlah penurunan PPh Badan yang akan diambil oleh Pemerintah. Hal tersebut juga membutuhkan kepastianj dari DPR.

“Tergantung dari kesepakatan DPR. Namun pemerintah firm 25% turun menjadi 20%, tinggal proses pembuatan UU,” ucapnya.

Seperti diketahui, PPh badan selama ini berlaku hanya sebesar 25%. Kalangan pengusaha nasional yang tergabung pada Kadin Indonesia, Hipmi, Apindo juga meminta pemerintah untuk menurunkan ke level 17-18%.